Cara Membuat Filter di GMAIL

Sekedar sharing saja.. ini mungkin terlihat sepele,tapi banyak yang tidak tahu atau tidak mau tahu tentang hal ini.. hehehe.. Fitur ini bisa dijumpai pada penyedia layanan e-mail. kali ini saya akan menjelaskan bagai mana cara memfilter atau mengelompokkan email di gmail anda. fitur ini berguna jika anda suka merapikan inbox di e-mail anda sesuai golongannya. sudahlah tidak usah berpanjang lebar, langsung saja kita ke TKP..

Pertama tentunya anda harus punya email.. *hmm.. apa yg mau di filter kalu gak punya e-mail.. ^_^
dan langkah kedua.. adalah.. eng ing eng.. *hlah..


Nah,, klick icon roda di kanan atas e-mail anda. dan masuk ke "Mail Settings".

Stelah itu Pilih "Filter"

Lalu pilih "Create a New filter" dan akan muncul Box seperti dibawah ini :
Isikan filter yang anda inginkan (Dalam hal ini saya memfilter nitifikasi dari Twitter) "Twitter saya @choitul Tolong di Follow y.." hehehe.. *upz.. kembali ke Keyboard.. Kolom "from" itu menandakan si pengirim (bisa nama, atau alamat e-mail atau yang mengandung kata-kata itu), kolom "to" menandakan si penerima, kolom "subject" menandakan judul email yg masuk, kolom "Has the words" menandakan isi email memiliki kata apa , kolom "Doesn't have" menandakan isi email tidak memiliki kata apa. kalau memfilter twitter & facebook saya kira dua kolomdiatas sudah cukup..

oke langkah berikutnya adalah klick "Create filter with this search" seperti gambar diatas.. lalu akan muncul kotak dialog seperti ini:
*wah watermarknya mengganggu.. ^_^
Lalu pilih "Choose label..." maka akan muncul lagi:
Pilih "New Label..."

Lalu tentukan nama filter yang akan menjadi nama folder dari filter tersebut disini saya beri nama "Twitter Notification" lalu tekan "Create"
Maka akan otomatis mencentang *halah.. menandai atau check pada "Apply the label" dan Pilih "Create Filet"
Jika berhasil akan ada Tulisan dalam kotak seperti gambar diatas. Dan setelah ada notifikasi dari account twitter anda maka akan otomatis ter seleksi dengan sendiri seperti penampakan berikut :


Yaa.. demikian dari saya untuk email yahoo menyusul ya.. ditunggau aja.. kurang lebihnya saya mohon ma'af.. yang suku bisa kasih cendol *hloh.. emang kaskus.. hhehe.. Semoga sukses dan saya akhiri ..
Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

2 Komentar di Blogger
Silahkan Berkomentar Melalui Akun Facebook Anda
Silahkan Tinggalkan Komentar Anda
  1. terimakasih , so helpfull ^^

    ReplyDelete
  2. kalau memfilter kata-kata ditengahnya gimana mas?

    Misal subjectnya "[twitter] (iklan)"

    Nah, memfilter subject yang ada kata-kata "iklan"nya gimana?

    ReplyDelete