Gua Lebar - Keindahan Alam Yang Terpendam di Kota Sampang MADURA





Konon pada zaman purbakala dulu gua ini digunakan sebagai tempat bertapa dan menyepi para penganut Paganisme / penyembah Dewa – Dewa masa kuno jauh sebelum Islam masuk di Sampang, masyarakat sekitar hingga sekarang masih meayakini jika di dalam gua masih ada perlengkapan untuk pemujaan yang berupa patung – patung dan artefak lainnya, namun sekarang jalan masuknya sudak tertutup batu – batu dan proses – proses alam lainnya. Gua ini memiliki Diameter kurang lebih 200 m dan kedalaman hingga 300 m tempatnya di Jalan Pahlawan Gg. V Satu jalur menuju Pebabaran Pangeran Trunojoyo, kalo kalian lom pernah ke Sampang dan pengen ke Gua ini aksesnya gampang, tinggal cari aja Masjid Agung Kota Sampang dari situ anda teruskan ke arah timur dan berbelok ke kiri pelan pelan ,,,,,,,,, sabaar, mulailah tolah toleh cari gerbang Pahlawan Gg. V. Kalo sudah ketemu mulailah menanjak luruus ke timur sampai kalian tiba di Tribun kecil, nah disitu temptnya ……… 

Sampai di atas, kita akan disambut oleh beberapa Gazebo yang berdiri cantik di atas sebuah bukit. Kita bisa memarkir motor kita di dekat Gazebo. Berikut beberapa tips dan info tentang Gua Lebar, anda harus melihat gua yang satu ini.

  1. Gua ini berada di atas bukit, sehingga apabila anda mengendarai mobil, anda harus menitipkan mobil di bawah, karena untuk naik ke atas rasanya sangat sulit karena jalannya sangat sempit. Anda tidak pelu kuatir dengan keamanan mobil anda, karena masyarakat sampang sangat ramah.
  2. Anda tidak perlu merogoh kocek untuk menyaksikan gua Lebar ini.
  3. Ketika di atas kita akan mendapatkan “hadiah” angin sepoi-sepoi yang sangat bagus untuk merefresh pikiran kita yang sedang pengat dengan pekerjaan.
  4. Selain itu view kota Sampang dari atas dapat kita saksikan dari atas bukit dan merupakan pemandangan yang luar biasa.
  5. Pagi dan sore hari merupakan waktu yang tepat untuk berkunjung ke tempat ini, kalau anda nekat pada siang hari, alangkah baiknya kalau anda menyiapkan payung untuk melindungi anda dari sengatan matahari siang.
kalo soal pemandangannya ?!!! nikmati saja sendiri, di sebelah barat kalian bisa menikmati kota Sampang hampir secara keseluruhan. Disebelah utara dan timur terbentang sawah – sawah hijau dan bukit – bukit hijau membentang. sebelah selatan kalian bisa menikmati laut dan satu pulau kecil kami namanya pulau Kambing atau masyarakat disini sering menyebutnya pulau Gili.

Demikian kilas singkat tentang objek wisata di Kab.Sampang. meski belum begitu ter ekspos tapi panorama yang ditawarkan tidak akan membuat anda menyesal telah berkunjung ke sana. Dan sau lagi pesan saya, Kalau ingin ke sana ajak-ajak gua yah.. hhehe... sekalian bareng nebeng gitu mksdnya.. ^_^
1 Komentar di Blogger
Silahkan Berkomentar Melalui Akun Facebook Anda
Silahkan Tinggalkan Komentar Anda
  1. saya rekomendasikan buat datang ke Wisata Gua Lebar yang berada di Kota Sampang karna masih alami dan bagus buat fotografi.. ;)

    ReplyDelete